Peresmian Pengoperasian Jalan Tol Gempol – Pandaan Oleh Presiden

Ptjpt.co.id, Pandaan – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol – Pandaan, di Plaza Tol Pandaan, Pasuruan, Jumat (12 Juni 2015). Dalam acara peresmian pengoperasian jalan tol tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Adityawarman beserta jajaranya, dan Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Tol Setiyono beserta seluruh karyawan PT Jasamarga Pandaan Tol.

Jalan Tol Gempol – Pandaan memiliki panjang 13,61 km, menggunakan tipe perkerasan kaku dengan jumlah lanjur 2×2 untuk tahap awal dan 2×3 untuk tahap akhir. Jalan tol ini menelan biaya investasi sebesar Rp 1,472 Triliun. Jalan tol ini direncanakan akan terhubung dengan Jalan Tol Pandaan – Malang ke arah selatan, dan ruas Jalan Tol Gempol – Pasuruan untuk ke arah timur dan Jalan Tol Porong – Gempol untuk ke arah utara.

Jalan Tol Gempol – Pandaan dioperasikan oleh PT Jasamarga Pandaan Tol, Badan usaha ini merupakan patungan dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk (78,58 persen saham), PT. Jalan Tol Kabupaten Pasuruan (11,84 persen), dan PT Margabumi Matraraya (9,58 persen). PT Jasamarga Pandaan Tol berhak atas masa konsesi selama 37 tahun terhitung sejak tanggal penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), pertanggal 3 Oktober 2012. Untuk tahap awal ini, tarif tol untuk kendaraan golongan I ditetapkan sebesar Rp 10.000 atau Rp 818 per kilometer.

Fahmi

Leave A Comment